Pages

Monday, January 14, 2013

Jaringan-jaringan pada tubuh manusia

Sel-sel yang serupa bentuknya dan gunanya (faalnya) tersusun menjadi kumpulan sel yang dinamakan jaringan tubuh. Zat perekat antara sel- sel jaringan tubuh disebut zat interseluler (antar sel) atau zat sela.
Dikenal jaringan- jaringan tubuh berikut:
1.    Jaringan epitel             :    jaringan penutup permukaan tubuh dan
permukaan saluran dalam pencernaan
       Jaringan endotel         :    jaringan yang melapisi permukaan dalam pembuluh-pembuluh darah, pembuluh-pembuluh getah bening dan rongga- rongga tubuh.
2.    Jaringan penyambung/ jaringan ikat: jaringan yang tersifat karena terutama terdiri atas serabut-serabut dan berguna untuk menghubungkan jaringan-jaringan lain.
3.    Jaringan lemak            :    merupakan jaringan penyambung dengan timbunan sel-sel lemak diantara anyaman serabut- serabut.
4.    Jaringan tulang rawan :    tersifat karena zat interselulernya banyak, tidak mengandung zat kapur, tetapi banyak zat perekat, maka mudah dibengkok-bengkokkan.
5.    Jaringan tulang           :    terdiri atas sel-sel tulang yang berhubungan satu dengan yang lain dengan perantara tonjolan-tonjolan protoplasma; zat interselulernya mengandung garam-garam kapur, sehingga jaringan tulang keras.
6.    Jaringan otot               :    dikenal tiga macam jaringan otot, yakni:
a. Jaringan otot polos: terdiri atas sel-sel otot yang licin, berbentuk kumparan. Otot-otot demikian mengerut dan melemas secara lambat, tidak dapat dipengaruhi kehendak kita, karena dipersarafi susunan saraf otonom, terdapat pada alat-alat dalam kita.
b.  Jaringan otot bergaris lintang (otot lurik): serabut-serabutnya memperlihatkan garis-garis melintang. Otot-otot demikian mengerut dan melemas secara cepat, dapat digerakkan sekehendak kita, membentuk semua otot rangka.
c. Jaringan otot jantung: serabut-serabutnya bergaris lintang, namun dipersarafi oleh susunan saraf otonom, maka tidak terpengaruh kehendak kita, mengerut dan melemas secara cepat.
7.    Jaringan saraf              :    merupakan kumpulan sel-sel saraf (neuron). Ada sel saraf yang ujungnya panjang (neurit) untuk membawa rangsangan dari badan sel ke tepi. Gabungan neurit disebut saraf. Saraf yang mengatar rangsangan dari pusat ke alat-alat disebut saraf penggerak (motorik). Sedangkan saraf yang berguna membawa rangsangan dari alat-alat ke pusat terkenal sebagai saraf perasa (sensorik)
8.    Darah                          :    darah merupakan jaringan yang zat interselulernya cair.
Darah terdiri atas:
a. Bagian yang padat   :    -    sel darah merah (erittrosit): mengandung hemoglobin untuk pertukaran gas.
-    sel darah putih (leukosit): berperan pada pemberantasan kuman-kuman
-    keping-keping darah (trombosit): berguna pada pembekuan darah.
b. bagian yang cair       :    plasma darah, yang terdiri atas serum darah dan zat fibrinogen (untuk pembekuan darah)

No comments:

Post a Comment